Cara Hidup Sehat Dengan Benar dan Mudah Dilakukan

Bagi setiap orang tentunya menginginkan hidup yang selalu sehat, oleh karena itu kita dapat menerapkan cara hidup sehat dengan benar dan mudah dilakukan oleh siapapun. Artikel ini akan membahas beberapa cara agar kita dapat hiduo sehat dengan benar dan mudah dilakukan. Sehat tak harus mahal, tetapi sebaliknya yaitu sakit sudah tentu mahal, mahal untuk melakukan pengobatan untuk menuju hidup sehat. Oleh karena itu maka Anda hendaknya menjaga tubuh supaya selalu sehat terus.

corona
cara hidup sehat.

Mencegah lebih baik daripada mengobati itu benar, karena kita akan menjaga diri untuk tetap sehat. Namun banyak orang yang kurang menjaga tubuh sehingga mengabaikan dengan kesehatan, mereka akan menyadari ketika sudah sakit. Padahal sebenarnya banyak hal yang sebetulnya sangat sederhana dan mudah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika dibandingkan dengan jaman dahulu, kesehatan jaman sekarang justru orang lebih mudah terserang sakit diusianya yang muda. Banyak orang yang tua tinggal dipedesaan masih sehat, sedangkan di perkotaan orang muda pun sudah mulai terserang penyakit.

Berikut Cara Hidup Sehat Dengan Benar dan Mudah Dilakukan :
Untuk menuju hidup sehat sebenarnya sangat mudah dan sangat sederhana apabila kita mengetahui caranya. Hidup sehat lahir dari budaya atau kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Jadi pola hidup sehat tidak hanya dapat dilakukan hanya beberapa hari saja melainkan harus dibudayakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup kita.
1.Makan Makanan Bergizi Seimbang

Cara yang pertama yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, seimbang bukan berarti berlebihan. Makanan yang hendak dimakan sehari-hari harus mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Zat nutrisi yang harus terkandung antara lain yaitu karbohidrat, protein, lemak. Vitamin, air dan mineral. Anda wajib mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut.  Anda dapat mengetahui dengan membaca buku atau membaca di internet. Buatlah menu makanan yang bervariasi sehingga asupan gizi tercukupi.

Apabila seseorang kekurangan gizi maka akan rentan terhadap penyakit dan dapat mengalami gangguan pertumbuhan ataupun perkembangan otak. Namun nutrisi yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Misalnya mengonsumsi karbohidrat dan lemak secara berlebihan maka dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Jadi sediakan nutrisi bagi kesehatan tubuh dalam sesuai porsi sehingga tidak kekurangan dan tidak kelebihan.

2.Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan biasanya sering diabaikan,  namun hal ini  dapat menjadi salah satu cara hidup sehat apabila kita memperhatikan kesehatan lingkungan. Hidup bersih akan menjadikan kita ampun untuk menangkal berbagai serangan penyakit. Sebaliknya apabila kita hidup kotor maka akan sangat mudah sekali memicu berbagai kuman penyakit untuk berkembang biak serta menjadikan kita rentan terkena penyakit.
Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan diri Anda antara lain dengan mandi secara teratur, gosok gigi rutin 2 kali sehari, membersihkan kuku, selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Sedangkan menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang dapat Anda lakukan antara lain dengan selalu menyapu dan menata rumah agar selalu bersih, membuang sampah pada tempatnya, buang air besar dan kecil pada tempatnya, menggunakan air bersih sesuai dengan syarat kesehatan untuk keperluan sehari-hari. 

3.Melakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga Secara Rutin
Jaman modern ini mengakibatkan masyarakat sibuk dengan pekerjaannya sehingga seringkali tidak sempat untuk melakukan aktivitas fisik maupun berolahraga. Kehidupan yang serba praktis dan simpel karena adanya berbagai fasilitas perkembangan teknologi menjadikan manusia malas untuk berjalan kaki atau sekedar menggerakkan tubuhnya dan cenderung senang bermalas malasan. Hal ini memicu timbulnya penyakit. Oleh karena itu biasakan olahraga teratur serta jangan malas untuk bergerak ataupun jalan kaki.

4.Kurangi Kolesterol dan Lemak
Cara didup sehat dengan benar dan mudah dilakukan yaitu dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh yang berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, hipertensi dan diabetes mellitus. Timbunan lemak seseorang yang berlebihan akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Sedangkan kolesterol jahat dapat mengakibatkan sumbatan pembuluh darah.

5.Mengonsumsi Buah, Sayur, dan Air Putih
Dijaman yang modern ini orang cederung menyukai makanan yang serba instant dan pada umumnya mengandung banyak lemak sedikit serat. Sehingga lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah. Padahal sayur dan buah sangat kaya akan kandungan  vitamin, mineral, serat dan anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Air putih apabila dikonsumsi banyak maka akkan bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, mencegah dehidrasi dan memberikan nutrisi yang optimal sampai ke sel tubuh terkecil.

6.Banyak Makanan/Minuman yang Tidak Sehat
Salah satu penyebab orang tidak membiasakan hidup sehat yaitu karna makanan sembarangan atau makanan sampah. Makanan atau minuman yang tidak sehat antara lain yaitu yang mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan,  penyedap rasa MSG, mengandung banyak lemak dan gula serta terlalu tinggi kafein. Untuk menuju hidup sehat maka hindari makanan seperti ini.

7.Berfikir Positif dan Hindari Stress
Selain menjaga kesehatan jasmani, kesehatan jiwa atau rohani juga perlu diperhatikan guna menuju cara hidup sehat dengan benar dan mudah di lakukan. Salah satu caranya yaitu Anda harus berfikir positif serta menciptakan pikiran tenang, agar terhindar dari stress. Selain itu luangkan waktu untuk refreshing supaya dapat melepaskan penat yang memicu stress.

Demikianlah cara hidup sehat dengan benar dan mudah di lakukan, banyak cara lain dan cara diatas hanya beberapa saja. Dengan menerapkan pola hidup sehat maka hidup akan menjadi berkualitas dan menjadikan semangat hidup bangkit selalu. Apabila merasa tidak sehat atau merasa pola hidup sehat tidak benar jangan segan untuk datang ke dokter dan meminta solusinya. Semoga bermanfaat !

No comments for "Cara Hidup Sehat Dengan Benar dan Mudah Dilakukan"